Pages

Followers

Our Blogger Templates Web Design

Lorem Ipsum

Lorem

Lorem

Thursday, August 13, 2009

Apa Itu ADSL

Jika anda terhubung ke Internet, ada beberapa kemungkinan jenis teknologi yang digunakan agar komputer anda akan tersambung ke internet tersebut, diantaranya ada yang menggunakan teknologi ADSL dan SDSL. Teknologi DSL biasanya ada yang menumpangkan data lewat saluran telepon (contoh pada teknologi ADSL) dan ada yang independen/tersendiri (contoh GHDSL, VDSL, HDSL, SDSL dan lain-lain).

adsl.gif

Saya akan coba bahas jenis Teknologi ADSL dan SDSL serta keunggulan dan kelemahannya saja.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

Akses internet kecepatan tinggi kini dapat dinikmati oleh para pemakai internet dengan menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Pacific Link bekerja sama dengan PT. Telkom dengan jenis layanan MMA (Multi Media Access). Kecepatan upstream dan downstream tidak sama (asymmetric), upstream bisa mencapai 640Kbps sedangkan downstream sampai 8Mbps. Untuk layanan yang disediakan sekarang oleh Telkom MMA adalah upstream maksimum 64Kbps, downstream maksimum 512Kbps.Layanan ini menggunakan kabel telepon yang sama dengan yang digunakan para pelanggan telepon sekarang. Koneksi ADSL baik hingga jarak sekitar 5 km dari STO (Sentral Telepon Otomat) terdekat.Keuntungan

  • ADSL memberikan kemampuan Internet dan Voice/Fax secara simultan. Ini berarti anda dapat Surfing internet dan menggunakan Telepon atau Fax pada saat bersamaan. Ini akan memberikan kepuasan bagi Anda untuk menikmati High-Speed Internet Access tanpa kehilangan kontak telepon dengan relasi Anda.
  • Kecepatan koneksi lebih stabil karena masing-masing pemakai ADSL mempunyai jalur tersendiri hingga ke peralatan multiplexer di sisi Telkom. Kecepatan tidak terpengaruh oleh pertambahan jumlah pelanggan yang akses bersamaan.
  • Berbagai aplikasi multimedia masa depan, akan dapat dinikmati dengan kualitas serta kenyamanan yang optimal. Anda bisa mulai menjelajahi dunia Internet masa depan, Internet 3D – yang padat dengan animasi-video-musik.
  • Dapat menggunakan saluran telepon yang ada.

Peralatan

  1. Berlangganan layanan ADSL Telkom MMA dari PT. Telkom. Pacific Link dapat membantu mendaftarkan calon pelanggan.
  2. PC multimedia dengan spesifikasi minimum Pentium II 233 MHz, RAM 64 MB, port USB atau Ethernet card.
  3. Modem atau router ADSL
  4. Operating system Win /95/98/NT/ME/2000, Linux, Mac OS.
  5. Browser internet misalnya IE 5.0 ke atas, Netscape 4.0 ke atas.
  6. Software multimedia.
  7. Asesori LAN seperti hub, switch, atau router bagi pelanggan corporate/instansi.

adsl.gif

adsl2.gif

sumber : http://dedenthea.wordpress.com/2007/02/01/apa-itu-adsl-dan-sdsl/

.

0 comments:

Post a Comment